Senin, 13 Februari 2012

Tips trik belajar bahasa jepang

Tips trik belajar bahasa jepang - Sebenarnya belajar bahasa jepang itu susah-susah gampang lho.Kita memang perlu sedikit pengorbanan,baik waktu,tenaga maupun materi.Tapi,belajar bahasa jepang itu sebenarnya seru.Asalkan kita dapat mengolah materi pembelajaran pada kegiatan yang menyenangkan.Mari kita simak tips trik berikut yang juga sedang saya coba.Semoga berhasil :)
1.Chatting dengan orang jepang
Nah,ini yang setiap hari saya lakukan.Chatting dengan orang jepang,biasanya sih di twitter.Yang kita butuhkan hanyalah akses internet dan komputer/laptop.Kamu bisa tanya-tanya seputar bahasa jepang padanya dengan bahasa inggris.Jangan malu,toh dia juga tidak bisa lihat wajah kita.
You: Tapi kan dia bisa lihat wajah kita lewat foto!
Me: Salah sendiri foto asli kamu di masukin ke twitter :p
Tapi kalau kamu tidak terlalu bisa bahasa inggris,lebih baik mencari seseorang yang fasih berbahasa jepang dan indonesia.

2.Nonton dorama jepang
Haha memang saya tidak biasa menonton dorama jepang,karena dorama jepang di tv indonesia itu jarang sekali,kebanyakan drama korea.Itu pun sudah di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia.Jadi,alternatifnya kamu nontonnya lewat tv jepang.Bisa instal KeyHole TV kalau suka yang gratisan,silahkan menuju Mbah Google untuk mendownload.

3.Nonton Anime Jepang
Ini yang paling saya suka,nonton anime.Saya paling suka nonton Naruto.Kita bisa memungut kosakata-kosakata baru dalam anime itu.Misalnya dalam anime Naruto,
Kyuubi = Rubah berekor sembilan 
   Terbukti karena Kyuu artinya sembilan,kosakata baru dan pungutlah.
Hokage = Pemimpin desa konoha
   Terbukti karena konoha adalah negeri api.Maka Ho artinya api.
Dan masih banyak lagi.Cara memungut kosakata,
Pertama,lihat dan dengarkanlah kosakata bahasa jepang yang di sebutkan masing-masing tokoh anime.Kedua,kosakata yang di sebutkan itu,cocokanlah dengan situasi dalam cerita.Dengan begitu,kamu telah memungut kosakata baru.

4.Main game jepang
Siapa yang suka main game? saya yakin kebanyakan dari kalian suka dengan game.Dalam game juga bisa belajar bahasa jepang.Ya tentu saja dengan bermain game buatan jepang.Dalam game,kita dapat belajar membaca kanji dan kana.Untuk mengetahui arti dari kanji dan kana tersebut,seperti biasa cocokanlah dengan situasi dalam game.Lalu tulislah kalimat di game dalam kertas selembar dan carilah arti dari kata-kata yang ada.

5.Jadilah orang jepang
Yang dimaksud di sini adalah perilaku dan gaya hidupmu di sesuaikan dengan orang jepang.Tentunya menyesuaikan diri dengan kehidupan orang jepang yang positif,yang negatifnya dibuang saja dan jangan dipungut.Kalau bisa bahasa sehari-harimu menggunakan bahasa campuran.Misalnya
Indo: Kamu harus makan yang banyak,supaya cepat gendut.
Camp:Anata harus Takusan Tabete,supaya cepat gendut.
Haha memanglah akan lucu jadinya,tapi demi mempelajari bahasa jepang kamu harus mau.Kamu dapat menyisipkan kosakata-kosakata bahasa jepang yang kamu tahu dalam kalimat yang akan kamu ucapkan.Pasti lama kelamaan bahasamu akan berangsur lancar.

Jadi,belajar bahasa jepang itu menyenangkan dan murah.Kamu bisa mengaplikasikan kemampuan bahasa jepangmu dalam kehidupan sehari-hari.Kamu juga dapat menjadikan apapun yang ada di depanmu sarana untukmu belajar bahasa jepang.Jangan menyerah dan terus bersemangat.Kalau kamu kreatif,apapun bisa kamu raih dalam genggamanmu.Ganbatte Kudasai!~

3 komentar:

  1. klo saya sih seringnya nonton anime... tapi emang banyak sekali perbedaan kotoba dari buku sama dari dorama atau anime... mungkin bisa di bilang kata atau bahasa gaulnya jepang kali ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups! Di buku itu kebanyakan mengajarkan bahasa yang formal dan umum.Kalau anime/dorama bahasa casual yang umum yang santai.

      Hapus
  2. Kalau saya sering nonton Anime... Dan saya juga sering ngambil kata" di situ buat bercakap sama temen.. Tapi, kadang temenya malah bingung....

    BalasHapus

Silahkan berkomentar,bertanya,mengoreksi dan memberi saran.