Minggu, 26 Februari 2012

Belajar bahasa jepang dari awal #2

Belajar bahasa jepang dari awal #2 - Kemarin kita sudah mempelajari tentang "Memperkenalkan Diri".Nah,sekarang kita akan mempelajari ungkapan-ungkapan penting dalam bahasa jepang.Misalnya,selamat pagi,selamat siang,selamat malam,selamat tidur dan sebagainya.Ikuti pelajaran ini baik-baik karena akan sangat berguna jika kelak kamu pergi ke jepang.













Coba perhatikan gambar di atas baik-baik.Silahkan klik untuk memperbesar gambar.

Baiklah,kali ini kita akan belajar mengenai ungkapan sehari-hari.
1.Ohayou Gozaimasu
Ohayou Gozaimasu berarti "Selamat pagi".Pada pagi hari gunakan "Ohayou Gozaimasu" untuk menyapa seseorang.Bagaimana cara membacanya? sekali lagi lihat gambar di atas.Ohayou Gozaimasu,dapat juga di ucapkan "Ohayou" atau "Oha" saja,pada sesama yang sudah saling kenal,di situasi yang informal.

2.Konnichiwa
Konnichiwa berarti "Selamat siang".Pada siang hari gunakan "Konnichiwa" untuk menyapa seseorang.Namun,Konnichiwa juga dapat berarti "Halo",tergantung situasi.

3.Konbanwa
Konbanwa berarti "Selamat malam".Pada malam hari gunakan "Konbanwa" untuk menyapa seseorang.Untuk cara membacanya,silahkan lihat kembali gambar diatas,atau periksa ulang entri yang sebelumnya.Jika dalam bahasa inggris "Konbanwa" berarti "Good Evening".

4.Oyasuminasai
Oyasuminasai,dapat berarti "Selamat tidur" atau "Selamat istirahat".Jika dalam bahasa inggris mungkin "Good Night".Oyasuminasai dapat diucapkan "Oyasumi" saja.

5.Sayounara
Sayounara dapat berarti "Sampai jumpa" atau "Selamat tinggal".Digunakan apabila kita akan berpisah dengan seseorang.

6.Moshi-moshi
Moshi-moshi,berarti "Halo".Biasa digunakan pada awal percakapan di telepon.Ingat,di Telepon.Masih ingat cara membacanya?,masih ingat cara membaca "~shi" ?
Jika tidak,silahkan buka kembali pelajaran yang sebelumnya.

7.Jaa mata / dewa mata / Jaa,mata ne
Jaa mata / dewa mata / Jaa mata ne,berarti Sampai jumpa atau sampai ketemu lagi atau Dada~.Biasa digunakan ketika akan berpisah dengan seseorang dan akan bertemu kembali di lain waktu.Kalau kamu ingin mengucapkan "Dah,Sampai jumpa besok" maka gunakanlah "Jaa,mata ashita"

8.Arigatou Gozaimasu
Arigatou Gozaimasu artinya "Terimakasih banyak".Dapat juga hanya di ucapkan "Arigatou" atau "Doumo" saja yang berarti "Terimakasih" yang digunakan pada sesama yang sudah saling kenal dan pada situasi Informal.Jika ingin diubah menjadi bentuk lampau,ingatlah ubah akhiran masu menjadi mashita.Menjadi "Arigatou Gozaimashita" yang dapat berarti "Terimakasih sebelumnya" digunakan setelah mendapatkan pertolongan dari orang lain.Sedangkan Arigatou Gozaimasu digunakan sebelum mendapatkan pertolongan orang lain.Ingat juga cara pelafalan ~su.Silahkan buka pelajaran sebelumnya.

Cara pelafalan ou:
Ada beberapa ungkapan yang mengandung ~ou.Misalnya "Arigatou",cara membacanya adalah:
"Arigatoo" dengan "o" yang panjang.


~Belajar lewat cerita~
Tokoh utama: Sheera
Tokoh pembantu: Mama,Cici
============ Search di google ============
  Ugh...capeknya.Tadi sudah pergi ke Mall bersama teman-teman,plus bertemu gadis aneh.Aku membayangkan kembali pertemuanku dengan gadis bernama Akilachang itu.Sepertinya,saat ia bicara,ia sedang memperkenalkan diri.Aku tidak begitu menyimak apa yang ia katakan,tapi aku yakin begitu.Lalu,aku tau namanya karena teman laki-lakinya memanggilnya dengan "Akilachang",ya itu yang kudengar.Lalu Akilachang memanggil teman laki-lakinya dengan "Atushikun".Kalau aku tidak salah pendengaran,itulah yang kudengar.
  Aku mengambil netbook diatas meja.Meletakannya dipangkuanku dan mulai membuka browser kesayanganku.Aku pun mulai mencari di google dengan kata kunci "Kala kimasta".Ya,itu salah satu yang aku dengar dari Akilachang.Aku pun menekan enter.Tak lama,ada tulisan "Did you mean kara kimashita".Oh aku dapat menyimpulkan sesuatu dari Akilachang,yaitu "Dia cadel".Buktinya,Kara kimashita dibaca 'Kala kimasta'.
  Aku juga menemukan artikel disalah satu blog,Kara Kimashita berarti "Saya berasal dari".Ohh berarti benar dugaanku,dia sedang memperkenalkan dirinya tadi.Lalu,aku search "Nippong".Ya,itu juga yang aku dengar dari Akilachang.Dan tak lama,ada tulisan "Did you mean Nippon".Ohh ternyata Nippon ya,bukan Nippong.Dan aku juga menemukan arti dari Nippon,artinya dalah jepang.Kalau tidak salah,Akilachang menyebutnya dengan "Nippon Kara Kimashita".Artinya pasti "Saya berasal dari jepang",pola kalimat bahasa jepang berbeda dengan bahasa indonesia toh.Dapat kusimpulkan,Akilachang berasal dari "Nippon" alias "Jepang".Ahh padahal aku kira,tadi Akilachang berasal dari cina.
  Gara-gara pertemuanku dengan Akilachang,aku merasa berminat dengan bahasa jepang.Aku pun segera mencari di Internet dengan kata kunci "Ungkapan bahasa jepang".Oke,sudah ku temukan.Ternyata bahasa jepangnya selamat pagi itu adalah "Ohayou Gozaimasu",kalau selamat siang berarti "Konnichiwa",kalau selamat malam berarti "Konbanwa".Nahaha akhirnya aku bisa juga berbahasa jepang.
Sedang asyik mencari tahu tentang jepang,ehh malah ada yang memanggil.
"Kak Sheera,kata mama makan siang dulu!"teriak seseorang di luar kamar.
"Iya bentar Cici"
"Sheera,makan siang dulu!"
"Iya iya Ma,Sheera makan!"



1 komentar:

Silahkan berkomentar,bertanya,mengoreksi dan memberi saran.