Sabtu, 31 Maret 2012

Penggunaan Hiragana,Katakana dan Kanji dalam kehidupan sehari-hari

Penggunaan Hiragana,Katakana dan Kanji dalam kehidupan sehari-hari - Kita sudah mengetahui,dalam penulisan bahasa jepang,berlaku aksara Hiragana,Katakana dan Kanji.Tapi,apa itu Hiragana,Katakana,Kanji? dan kapankah kita harus menggunakannya?.Sabar dulu,mungkin tulisan ini akan sedikit panjang.Saya sepertinya harus jelaskan satu persatu dengan detail dan rinci.Ya udah check in out aja ya.


1.Hiragana
Tahukah kamu? ternyata,huruf Hiragana dulunya di gunakan oleh kaum wanita.Lihat saja bentuk tulisannya,lebih halus dan feminin (?) dibanding dengan Katakana.Namun,belum di ketahui pasti siapa yang pertama kali menciptakannya.Sedangkan kegunaannya untuk:
  • Menulis bahasa jepang yang tidak menggunakan kanji
  • Furigana,yaitu cara membaca huruf kanji.Biasanya,terdapat di atas atau di bawah huruf kanji.Fungsinya,untuk mempermudah orang asing dan anak-anak dalam membaca kanji.
  • Sebagai Okurigana.Yaitu,huruf Hiragana yang mengikuti huruf kanji.
  • Sebagai partikel dalam bahasa jepang.
  • Sebagai nama panggilan dalam bahasa jepang.Yaitu nama panggilan di belakang nama orang.Misalnya -kun,-chan,-san,-tan dan lain-lain.(Akira-chan,Tsubasa-kun dan lain-lain) .
 a.Kata dalam bahasa jepang yang tidak menggunakan kanji
Misalnya: この (Kono ; Ini) ありがとう (Arigatou ; Terimakasih)

b.Furigana
Misalnya:
べんきょう
勉強する(Benkyou suru ; belajar)

c.Okurigana
Misalnya:
しい (Ureshii ; Senang)
Huruf hiragana yang di cetak tebal merupakan "Okurigana".Yaitu,Hiragana yang menyertai kanji.

d.Partikel dalam bahasa jepang
Misalnya:
涼介です (Watashi wa Ryosuke desu ; Saya Ryosuke)
猫 (Watashi no neko ; Kucing saya)
Huruf hiragana yang di cetak tebal merupakan "Partikel".Yaitu,huruf yang dapat menyambungkan satu kata dengan kata yang lain.

e.Sebagai nama panggilan dalam bahasa jepang
-さん , - たん , - ちゃん , - くん
(San,Tan,Chan,Kun) 
Walaupun hiragana dapat berfungsi sebagai penulisan untuk Nama panggilan,tapi ada juga nama panggilan yang memakai kanji.

2.Katakana
Katakana yaitu huruf dalam bahasa jepang yang di gunakan untuk menuliskan bahasa asing selain bahasa jepang.Tahukah kamu? cara orang jepang berbicara bahasa asing,umumnya adalah dengan menyerap bahasa asing tersebut kedalam bahasa jepang.Misalnya saja,Coffee menjadi コーヒー (Kōhī ; Kopi).
Tapi,katakana juga sering di gunakan dalam konteks bahasa jepang sehari-hari.Misalnya untuk penulisan nama dalam formulir.Selain di minta untuk menuliskan nama dalam kanji,biasanya juga di minta untuk menuliskan nama dalam Katakana (sebagai On-yomi).Lalu,untuk menuliskan bentuk on-yomi dari huruf kanji.Bahkan,kanji yang rumit sering di tulis dalam katakana,tidak jarang pula ada kanji yang di campur dengan Katakana,misalnya saja:
皮膚科 karena 膚 tergolong rumit,maka di campur dengan katakana menjadi 皮フ科.Note: Kalau di lihat-lihat,bentuk huruf Katakana memang kaku,seperti robot (?).Kemungkinan,yang menemukan Katakana pertama kali adalah seorang pria.


3.Kanji
Tahukah kamu? sebenarnya,Kanji itu berasal dari cina.Coba perhatikan,tulisannya kriting-kriting mirip dengan hanzi cina.Dan semua itu,ada sejarahnya.Kalau saya jelaskan sekarang,mungkin akan sangat panjang.Maka dari itu,lain kali kita bahas ya.
Kanji memiliki dua pengucapan.Yaitu On-yomi dan Kun-yomi.On-yomi adalah cara pengucapan dalam bahasa cina Sedangkan,Kun-yomi adalah kanji dengan cara pengucapan bahasa jepang.Sebagai contoh:



Onyomi (音読み) nichi / ni / -jitsu
Kunyomi (訓読み) hi / bi / -ka

dalam kata:
日 hi (matahari; hari)
日本 nihon (Jepang)
日曜日 nichiyoubi (hari Minggu)
三日 mikka (tanggal 3; 3 hari)
休日 kyuujitsu (hari libur)


Onyomi (音読み) kou
Kunyomi (訓読み) taka-

dalam kata:
高い takai (mahal; tinggi)
高橋 takahashi >> nama orang Jepang
高校 koukou (SMA)
高速 kousoku (kecepatan tinggi)


Nah,inilah yang menjadikan kanji jepang sangat di takuti.Selain jumlahnya yang bisa mencapai ribuan,kanji jepang memiliki lebih dari satu cara membaca.Dan kapankah kita harus membacanya On-yomi dan Kun-yomi? sepertinya pembahasan kali ini akan cukup panjang.


> Jika kanji berdiri sendiri (tidak di gabungkan dengan kanji lain),maka cara membacanya adalah Kun-yomi.Namun,apabila kanji di gunakan bersama kanji yang lainnya,maka cara bacanya adalah On-yomi.
Contoh:
月(つき)
Karena berdiri sendiri, maka dibaca “tsuki” (つき)
一月(いちがつ)
Karena digabungkan dengan kanji lain, yaitu kanji 一(いち)、maka dibaca “gatsu”(がつ)
Namun demikian ada beberapa kanji yang tidak mengikuti aturan di atas, oleh karena itu kamu harus berhati-hati.

> Jika kanji di ikuti dengan Hiragana (sebagai Okurigana) maka cara membacanya menjadi Kun-yomi.

> Pada nama marga,misalnya saja Yamada (山田).Walaupun tidak semuanya memakai Kun-yomi.Tapi,tahu tidak? ada juga nama orang yang seharusnya memakai Katakana tapi malah menggunakan Kanji.Misalnya saja Angel ( エンジェル ; Enjeru) namun ada juga yang menulisnya dengan kanji Tenshi (天使) yang artinya malaikat,sama dengan angel.Di sinilah,kita harus lebih berhati-hati lagi.Bisa-bisa,salah menyebutkan nama orang.

Jadi kesimpulannya,ke-tiga tulisan ini sering di gunakan dalam kehidupan sehari-hari di jepang.

Mungkin,kamu merasa bingung di penjelasan kali ini.Maka dari itu,jangan di paksakan.Perintahkan saja otakmu untuk mencerna tulisan ini sekemampuannya.Lalu,kamu bisa membaca ulang di lain waktu.Semoga bermanfaat.

[Halaman ini di update jika ada pengeditan atau penambahan]

Ucapan terimakasih (pengeditan seperlunya):

http://samudra-fox.blogspot.com/2009/07/kunyomi-dan-onyomi_06.html
http://www.kaskus.us/showpost.php?p=391535812&postcount=10
http://ppijepang.org/index.php?option=com_content&view=article&id=176%3Abelajar-huruf-hiragana&catid=47%3Aartikel&Itemid=95&lang=in

36 komentar:

  1. boleh gak katakan dan hiragana nulisnya bersamaan dalam satu kata...? misalnya "monogatari" itu kan kanjinya susah, nah trus "mono" pake hiragana, trus "gatari" pake katakana. dicampur boleh ga...? mohon bimbingannya sensei...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya pake Hiragana semua, Katakana biasanya untuk menulis kata2 serapan baha asing. Contoh : Indonesia - Indoneshia, Inggris - Igirisu, itu baru memakai Katakana

      Hapus
    2. Kalo hiragana semua bisa ga?

      Hapus
  2. gan, boleh tanya gak. kalo menulis nama orang jepang memakai hiragana atau katakana. tapi biasanya menuliskan nama orang jepang ada yang memakai katakana ada juga yang memakai hiragana. tolong bantuannya ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menulis nama orang jepang itu pada dasarnya pake KANJI.
      Tapi kadang-kadang, kanji yang dipake buat nama orang itu gak sesuai sama cara bacanya. Misalnya kanji 月 (gatsu/tsuki) dalam anime Deathnote dipake buat nama RAITO. Padahal dalam ga ada dari sononya kanji 月 dibaca RAITO.
      Nah, karena ketidaksesuaian itulah, kadang orang jepang pake huruf bantu (hiragana/katakana) buat nama orang jepang. Di formulir2 juga biasanya selalu ditanyakan cara membaca kanji namanya (biasanya ditulis pake katakana).

      Hapus
  3. bererti kalo di jepang ada tulisan inggris kaya chair, sama jepang nya diubah jadi katakana dan cara pembacaan nya beda ya? help ya

    BalasHapus
  4. bererti kalo di jepang ada tulisan inggris kaya chair, sama jepang nya diubah jadi katakana dan cara pembacaan nya beda ya? help ya

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. gan,klo kita nulis suatu karangan cuma gunain huruf hiragana ama katakana doang gk apa apa kan?

    BalasHapus
  7. Jadi boleh dicampur atau enggak Gan tulisannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh.. kalo ada kalimat yg ada serapannya juga pasti di campur antara hiragana dan katakana

      Hapus
  8. klo furigana tulisannya sama nggak ama hiragana/katakana?

    BalasHapus
  9. Bener bener bikin pusing sumpah deh

    BalasHapus
  10. biar gak pusing jangan langsung ditumpuk belajarnya, muali dari pahami hiragana dlu trus masuk ke katakana, lalu ke kanji, org jepang asli aj msh bnyak yg sering keliru baca huruf negara sendiri

    BalasHapus
  11. Itu kan katakana buat bahasa asing. Lha cara tau bacanya bahasa asing buag di tulis di katakana itu gimana ya? Bingung bgt besok UKK b. Jepang. Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  12. kalau mau belajar bahasa jepang, harus mulai dari mana sih ?
    dari hurufnya atau bahasanya dulu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama tama mending hapalin salam" biar rada mudah, setelah cukup fasih baru hapalin hiragana, terus katakana buat yg serapan

      Hapus
  13. oke jadi dikit2 aja dulu... kalo mau nulis nama pake Kanji , terus kalo nulis kata2 sehari2 pake hiragana dan katakana yang saling berduet.... oke saatnya untuk menghafal huruf hiragana dan katakan dulu.. mana nulis nya jelek lg.. hahahahaha

    BalasHapus
  14. Hi smuanya, mau sharing dong boleh y...
    Saya mau nnya nih, kalau LPK yg aman yg mnerima cwek untuk magang k jepang dmna y??
    Arigatou minasan...

    BalasHapus
  15. Hi smuanya, mau sharing dong boleh y...
    Saya mau nnya nih, kalau LPK yg aman yg mnerima cwek untuk magang k jepang dmna y??
    Arigatou minasan...

    BalasHapus
  16. Sumpah gan, ane masih bingung sama penggunaan kanji. Apa mesti ada gitu disetiap kalimat? Klo hiragana sama katakana sih masih bisa dicerna.
    Kenapa sih bahasa jepang kompleks bgt
    ︶︿︶

    BalasHapus
  17. Sumpah gan, ane masih bingung sama penggunaan kanji. Apa mesti ada gitu disetiap kalimat? Klo hiragana sama katakana sih masih bisa dicerna.
    Kenapa sih bahasa jepang kompleks bgt
    ︶︿︶

    BalasHapus
  18. Kak kalau kanji ada suku katanya gak?

    BalasHapus
  19. masih semangat semangatnya nih belajar bahasa jepang, pas udah ketemu huruf kanji.. luntur gan semangatnya.. duuh ribet banget kayanya...

    BalasHapus
  20. Sensei. Kalau hiragana di campur sama katakana boleh gak itu ?
    Terus kalo mau blajar bahasa jepanglebih baik hurufnya dulu atau apa. Bagi pemula. Arigatou

    BalasHapus
  21. Susah jg ya bekajar bahasa jepang enak bahasa inggris

    BalasHapus
  22. Kenapa doraemon tulisannya gak gini ajaどさえもん

    BalasHapus
  23. Kak Lebih baik fahamin dlu Katakana/Hiragana??

    BalasHapus
  24. kak mau nanya dong, kalo kanji kan un-yomi sama kun-yominya ada banyak ya trus caranya kita bedain pake yang mana aja yaapa kak?
    contoh=食-arti makan
    kun-yomi:taberu,kuu,kurau
    on yomi:shoku&jiki

    BalasHapus

Silahkan berkomentar,bertanya,mengoreksi dan memberi saran.