Senin, 05 Maret 2012

Belajar bahasa jepang dari awal #5

Belajar bahasa jepang dari awal #5 - Kali ini kita akan belajar mengenai "Menanyakan waktu".Ekhm...dan mungkin akan ada lebih banyak penjelasan disana-sini.Sebelumnya,saya ingin bertanya.Apa bahasa jepangnya pukul 5.12?tahu kah?.Hmm..jika tidak,berarti kamu wajib baca yang ini!.Gak bakal bosen,karena penjelasannya menggunakan bahasa yang mudah dimengerti + gambar sebagai pendukungya dan juga....Cerbung diakhir entri!













Perhatikan gambar diatas baik-baik.Baca dengan teliti,temukan maksud disetiap katanya.Baca dengan perlahan,namun pasti.Klik gambar untuk memperbesar.













  Nah,sebelum klik gambar diatas,silahkan pahami penjelasan dibawah ini terlebih dahulu.
Jadi,untuk menyebutkan hitungan jam,gunakan -ji setelah angka.Misalnya Ichiji yang artinya jam satu atau pukul satu,Niji yang artinya jam dua atau pukul dua,dan lain sebagainya.
  Lalu,untuk menyebutkan menit,menggunakan -fun atau -pun setelah angka.Misalnya Ippun yang artinya satu menit,Nifun yang artinya dua menit,lalu Roppun yang artinya enam menit.Nah,karena menit tidak dicantumkan di gambar,maka saya akan membuat daftarnya.Perhatikan baik-baik ya...



~menit~pun/fun~menit
1 menitIppun
いっぷん
一分
2 menitNi-fun
にふん
二分
3 menitSan-pun
さんぷん
三分
4 menitYon-pun
よんぷん
四分
5 menitGo-fun
ごふん
五分
6 menitRoppun
ろっぷん
六分
7 menitNana-fun
ななふん
七分
8 menitHappun
はっぷん
八分
9 menitKyuu-fun
きゅうふん
九分
10 menitJuppun
じゅっぷん
十分
15 menitJuu-go-fun
じゅうごふん
十五分
30 menitSan-juppun/han
さんじゅっぷん/はん
三十分
45 menitYon-juu-go-fun
よんじゅうごふん
四十五分





Untuk menanyakan "Jam berapa" adalah "Nanji desu ka?".Dan untuk menanyakan "Menit berapa" adalah "Nanpun desu ka?".Cukup mudah kan?,nah sekarang perhatikan gambarnya baik-baik ya.Disana,kamu akan belajar mengenai "Angka" dalam bahasa jepang.

~Belajar lewat cerita~
Tokoh utama: Sheera
Tokoh pembantu: Cinta
======== Lupa waktu ========
  Aku,di kamarku bersama sahabatku,Cinta.Biasalah,obrolan anak muda.Tentang ini itu yang menyangkut dengan kepribadian dan gosip-gosip.Entah mengapa aku suka dengan obrolan seperti itu.Sampai pada akhirnya,kami lelah mengobrol dan memutuskan untuk membaca majalah-majalah.
"Gak ada yang seru,Ra.Topiknya basi semua"kata Cinta membuka obrolan.
"Ya mau gimana lagi dong Cin,kita facebookan aja yuk"kataku sambil membawa Netbook dari meja.
"Yuk,mumpung masih pagi"
"Eh..apa hubungannya pagi sama Facebookan?"tanyaku pada Cinta.
"Gak ada"jawab Cinta enteng.
"Huh dasar"
  Setelah beberapa jam facebookan,mata kami pun lelah dan akhirnya kami memutuskan untuk melakukan hal lain saja.Huh benar-benar bosan kali ini.Cinta sudah tertidur dengan pulasnya,sedangkan aku? aku mulai saja belajar bahasa jepang.Sepertinya itu akan menyenangkan.
  Huah...tak terasa 3 jam sudah aku nge-net demi belajar bahasa jepang.Aku lirik jam dinding di kamarku.Woah...sudah jam lima sore.Aku meneguk ludah,Cinta orangnya penakut.Kalau dia pulang lebih sore dari ini,aku harus siap mengantarkannya.Ya sudahlah mendingan bangunkan dia saja.
"Cin,bagun Cinta"seruku sambil menggoyangkan tubuh Cinta.
"Hmm..hoaamm"Cinta pun membuka matanya dan merubah posisinya menjadi duduk.
"Ima,nanji desu ka?"tanyaku pada Cinta.Sedangkan yang ditanya hanya mengerutkan dahinya,tanda bingung.
"Kamu ngomong apaan sih"
"Ima,Goji desu!"kataku lantang sambil menunjuk kearah jam.Cinta mengerjap beberapa kali,membantu matanya agar dapat melihat dengan jelas.
satu detik..dua detik..tiga det-
"Huaahh..kenapa kau tidak membangunkanku Sheera!"teriaknya.Huh gendang telingaku hampir pecah gara-gara suaranya yang cempreng itu.Cinta panik,mondar-mandir di depanku.Aku pun hanya cengo dibuatnya.Tapi tiba-tiba,ia berhenti,lalu menatapku.
"Ngomong-ngomong,tadi kamu bilang apa?"tanyanya padaku.
"Ima,nanji desu ka dan Ima,Goji desu"jawabku.
"Artinya"
"Sekarang jam berapa,Sekarang jam lima!"
"Oooh,itu bahasa cina ya? kalau bahasa cinanya 'gak tau' apa?"
"Ck..itu bahasa jepang.Bahasa jepangnya 'gak tau' itu Shirimasen"jawabku enteng.
"Wah ternyata kamu jago bahasa jepang ya? ya udah aku pulang dulu ya.Bye"
"Bye juga"
  Apa tadi Cinta bilang? aku? jago bahasa jepang?.Hahaha lucu banget.Aku kan masih pemula alias amatiran.Tau tentang 'jam' dan kata 'tidak tau' juga googling dulu,pastinya setelah Cinta tidur.Jadi,otomatis dia gak tau yang sebenarnya.Hihihi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar,bertanya,mengoreksi dan memberi saran.