Minggu, 26 Februari 2012

Belajar bahasa jepang dari awal

Belajar bahasa jepang dari awal  - Entri ini saya muat karena saya malas.Maksud saya adalah karena saya malas membuka Adobe Reader.Yap,saya akan memuat srcreen shot "Belajar bahasa Jepang" yang sudah saya download.Lumayankan,buat belajar kalau-kalau lupa.Saya juga mencantumkan penjelasannya dan cara pelafalan di bawah gambar,lalu saya tambahi cerita dibawah,supaya dapat memahami materi dengan baik...
Oke ini dia,mulai sekarang kita belajar lewat screen shot ya...





























Coba klik gambar untuk memperbesar.Perhatikan baik-baik gambarnya,perhatikan juga coretan-coretan yang saya buat,karena itulah bahan utama yang akan kita pelajari.Setelah paham betul apa yang ada dalam gambar,silahkan scroll mouse kebawah dan baca penjelasannya.

Nah kita mulai penjelasannya.Tersebutkan diatas,tokoh utama kita adalah "Kuon" dari Vietnam.Kalau tidak suka dengan tokoh utamanya,bisa diganti dengan namamu sendiri.Haha.

Hajimemashite,tercantum dalam gambar diatas,hajimemashite berarti apa kabar atau perkenalkan.Pokoknya,sebelum memperkenalkan diri hendaknya mengucapkan "Hajimemashite" terlebih dahulu.Silahkan perkirakan sendiri apa arti yang cocok untuk ungkapan ini.

Watashi wa Kuon desu,artinya adalah "Saya Kuon".Selain Watashi wa __ desu,dapat juga menggunakan Watashi no namae wa ___ desu,yang berarti Nama saya adalah _____.
Kotoba yang harus di ingat adalah,Watashi artinya Saya.Dan Namae artinya nama.

Betonamu kara kimashita,betonamu adalah vietnam dalam bahasa jepang.Nah untuk penjelasan selanjutnya,silahkan lihat gambar pertama dan kedua.Kotoba (Kosakata) yang harus di ingat adalah "Kimasu" yang berarti "Datang" dan "Ikimasu" yang berarti "Pergi"

Yoroshiku onegaishimasu,sebuah ungkapan yang berarti "Senang berkenalan dengan anda" atau "Senang bertemu dengan anda".Selain Yoroshiku Onegaishimasu,bisa juga menggunakan "Douzo Yoroshiku" atau "Douzo Yoroshiku Onegaishimasu"


Cara pelafalan:
Ini yang sering keliru dalam pelajar pemula bahasa jepang.Maka dari itu,saya ingin sedikit membantu dengan mencatumkan cara pelafalan dalam entri kali ini.

1. ~su
~su yang terletak di akhir kalimat di baca ~s.Misalnya:
Desu menjadi "Des"

2. ~shi
~shi yang terletak di tengah kalimat di baca ~sh.Misalnya:
Aishiteru menjadi "Aishteru"
Jaranglah menemukan ~shi di akhir kalimat.

3. ~g
Jika terdapat kata yang mengandung "g",biasanya dibaca "ng".Misalnya:
Onegaishimasu menjadi "Onengaishimasu"

4. ~n
Jika terdapat kata yang mengandung "n",biasanya dibaca "m" atau "ng".Misalnya:
Konbanwa menjadi "Kombangwa"
Kuon-san menjadi "Kuong-sang"
Namun,ada pula "n" yang tidak dibaca "m" ataupun "ng".Biasanya kata yang mengandung 2 n.Seperti
"Konnichiwa"
Atau beberapa kata yang mengandung satu n,namun jarang dibaca "m" atau "ng".Misalnya,
Nan yang artinya apa."Sore wa nan desu ka?" kurang pantas jika di ucapkan "Sore wa nam desu ka?" atau "Sore wa nang desu ka?"

5.fu
Jika terdapat kata yang mengandung 'fu',biasanya sering di baca 'hu'
Misalnya saja "Fuan no tane" sering juga dibaca "Huan no tane"

~Belajar lewat cerita~
Tokoh utama: Sheera,Akira
Tokoh pembantu: Deny,Cinta,Atsushi
============ Pertemuan pertamaku =============
  Helo teman,perkenalkan namaku Sheera.Aku akan pergi ke Mall bersama teman-temanku,Deny dan Cinta.Kami pergi kesana dengan menaiki busway,ya lumayan supaya cepat sampai ke Mall.
  Di Mall kami pun berbelanja hal-hal yang sedang nge-trend.Setelah lelah berbelanja ria,kami pun memutuskan untuk makan di sebuah restoran jepang.Kami memesan Yakiniku.Baru pertama kali aku makan di restoran jepang,sehingga tadi aku sedikit mengalami hal yang sedikit memalukan.Aku salah melafalkan 'Yakiniku' menjadi 'Yakuniki'.
  Kenyangnya.... ternyata rasa Yakiniku enak juga ya.Aku pun berdiri dan melangkah,untuk membayar makanan yang kami pesan.Tapi,tiba-tiba saja aku menubruk seorang gadis yang sebaya denganku.Aku pun meminta maaf kepadanya.
"Maaf,aku gak sengaja"kataku sambil memegang lengan kanannya.
"Ee?"
Sepertinya dia kaget ya.Ekspresinya lucu,pipinya yang chubby kemerahan membuatku ingin mencubit pipinya.Gigiku gemerutuk menahan diri untuk tidak mencubit pipinya,gemas sekali.Dia hanya tersenyum,lalu dia bilang
"Hajimemashite,watashi no namae wa Masashi Akira desu.Nippon kara kimashita.Douzo Yoroshiku Onegaishimasu" katanya sambil membungkukkan badan.Aku yang tidak mengerti apa yang ia katakan,hanya terbengong ria.
'Dia orang cina ya?'batinku berkata.
"Wacingcong cingcong china ha lingsyemeyhaochu?"kataku asal.Aku harap dia mengerti apa yang aku ucapkan.Tapi ternyata dia malah bengong ria,sama sepertiku tadi.
"Ee...?"
Lagi-lagi itu yang ia katakan.Tiba-tiba ada seorang laki-laki yang meneriakinya.
"Akira-chan!"teriak laki-laki itu.
"Aa...Atsushi-kun!"teriak gadis bernama Akira sambil melambaikan tangannya.
"Ano..Sayounara!"ia pun berlari menuju laki-laki itu dan berjalan entah kemana.
 Tak lama setelah kepergian gadis itu,ada seseorang yang menepuk pundakku.Ugh..kaget sekali.
 "Sheera,tadi kamu ketemu sama siapa?"
"Meneketehe"kataku sambil mengangkat kedua pundakku.Aku pun berjalan kearah kasir dan membayar makanan yang kami pesan.


1 komentar:

Silahkan berkomentar,bertanya,mengoreksi dan memberi saran.