Sabtu, 08 September 2012

Pe-romajian dan pelafalan di jepang

Pe-romajian di jepang - Tau apa itu Romaji? Pastinya kalian yang belajar bahasa jepang tau dong apa itu Romaji.Yak! Sistem penulisan alfabet di jepang.Lalu,bagaimana Romaji berlaku di sana? bagaimana cara menulis romaji yang benar? dan macam-macam tulisan romaji yang sering kita gunakan.Yuk cekidot!

1.Wa dan Ha sebagai partikel
'Ha' untuk partikel di baca sebagai 'wa'.Yang menganut sistem menulis 'Dari Pelafalan' akan menulisnya dengan 'wa'.Sedangkan yang menganut sistem menulis 'Dari penulisan' akan menulisnya dengan 'ha'.

a.Sistem menulis Dari Pelafalan
Maksud saya di sini,seseorang yang menulis kalimat bahasa jepang dengan mengikuti cara mengucapkannya.Misalnya orang yang menganut sistem Dari Pelafalan akan menulisnya seperti ini:
"Boku wa gakusei des.Kimi wa?"
atau
"Kombangwa"
Mereka menulis 'persis' dengan apa yang mereka katakan.


b.Sistem menulis Dari Penulisan
Yaitu seseorang yang menulis kalimat dengan mengikuti cara menulisnya.Mereka akan menulisnya seperti ini:
"Bokuhagakuseidesu.Kimiha?"
atau
"Konbanha"
Orang yang menganut sistem ini sangat jarang.Kenapa? karena mereka menulis apa yang mereka tulis dalam tulisan bahasa jepang yang aslinya.Lihat saja,tulisan jepang kan tidak mengenal 'spasi'.Biasanya orang yang menganut sistem ini adalah orang jepang yang baru belajar Alfabet.Orang jepang seperti ini biasanya masih bingung harus men'spasi'-nya atau tidak.

c.Sistem menulis Campuran
Ini yang paling sering kita gunakan.Kita menulis dengan aturan yang tak menentu.Kita mencampur antara 'Dari penulisan' dan 'Dari pelafalan'.Kita biasanya menulis seperti ini:
"Boku wa gakusei desu.Kimi wa?"
"Boku ha gakusei desu.Kimi ha?"
atau
"Konbanwa"
"Konbanha"
Kita menulisnya sebagaimana ilmu yang kita dapatkan dari guru atau tulisan di buku/blog.

2.Fu
Di jepang tidak ada huruf F.Sehingga orang sana menyebutnya 'H'.Misalnya Fujisan -> Hujisang.Saya jarang menemukan sesoerang yang mengucapkan 'fu' dan lebih sering menemukan orang yang mengucapkannya dengan 'hu'.

2.Tsu
Dalam peromajian jepang Tsu biasanya di tulis dengan Tu.Namun tak sedikit juga yang menulisnya dengan Tsu.Hanya saja lebih sedikit jumlahnya.Misalnya:Atsushi -> Atushi

3.Shi
Di jepang,huruf Shi sering di romajikan Shi atau Si.

4.Sha
Huruf kombinasi 'shi' ini sering di tulis 'sy'.Misalnya:Shori -> Syori.Tapi tenang saja,menulisnya dengan 'Shori' pun tidak masalah.

5.I
Kali ini adalah pelafalan dengan huruf vokal 'i'.Pada kata tertentu,huruf ini di baca 'i' seperti 'i' pada Syafei dengan 'i' yang sedikit di dempet ke hidung.Misalnya pada kata 'Kawaii' bukan di baca 'Kaway' saja,tapi 'Kawaii' (Dengan 'i' yang di dempet pada hidung).

HALAMAN INI DAPAT DI EDIT SEWAKTU-WAKTU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar,bertanya,mengoreksi dan memberi saran.